Tips Membangun Kerjasama Team



TEAM WORK” apa yang ada dibenak kalian saat mendengar kata ini, tentunya bermacam-macam mungkin kerjasama,berkelompok,pekerjaan jadi ringan,hasil bisa optimum, beda pendapat,keceriaan. Mungkin masih banyak lagi unek-unek dan pemikiran yan terlintas dipikiran kita dengan hanya mendengar satu kata ini, amazing sekali yaa teman-teman :D . Terlepas dari semua pemikiran itu ada yang perlu digaris bawahi kalau “TEAM WORK” atau dalam bahasa tercinta kita _Kerja tim _ , tujuan utamanya tentunya membuat suatu pekerjaan lebih mudah dikerjakan serta mendapatkan pengetahuan yang beragam mengenai permasalahan yang ada dari semua anggota kelompok. Terlihat asyik yaa kalo ngebahas tentang kerja tim , tapi jangan keasyikan dulu guys seperti yang kalian tahu 1 kelompok itu bisa terdiri dari 2 sampai berapa yaa mungkin bisa dalam jumlah yang besar. Tidak harus berpikir tentang kelompok yang besar dulu, kita misalkan saja terdapat suatu kelompok yang beranggotakan 5 orang dengan tugas masing-masing didalam kelompok tersebut, tentunya 5 orang ini dengan 5 pemikiran dan ide-ide yang berbeda juga tentunya perlu trik-trik khusus untuk bisa mengatasi hal ini, sekedar memberi sedikit masukan  trik-triknya antara lain:

1.  Toleransi
Toleransi antar sesama anggota harus dimiliki oleh setiap tim yang solid sebab tanpa toleransi, sekuat apapun tim yang Anda bangun pasti tidak akan bertahan lama.

2.  Saling menghormati
Seperti sikap toleransi, sikap saling menghormati juga sangat dibutuhkan dalam membangun sebuah kerjasama tim yang kokoh, tidak ada tim yang dapat bertahan jika sesama anggotanya tidak saling menghormati. Saling menghormati juga dapat dilihat pada saat mengeluarkan pendapat atau ide, yaitu pada saat ide atau pendapat salah satu anggota tim di kritik (dapat dilihat dari cara penyampaian kritik). Jika Anda menemukan bahwa tim Anda kurang memiliki sikap saling menghormati, coba kumpulkan setiap anggota tim Anda dan diskusikan hal ini.

3.  Kebijaksanaan Pemimpin
Di dalam suatu kelompok peran seorang pemimpin tentu begitu penting, dimana saat terjadi perbedaan ketua kelompok (pemimpin) harus bisa menetralisir keadaan dan mencoba mengarahkan anggotanya untuk bersama-sama mencari 1 titik terang dalam hal ini tentunya penyelesaian atau solusi dari masalah tersebut. 

4.  Kedewasaan
Kalo bicara mengenai sikap yang satu ini, yaa mungkin tidak terlalu mendalam yang jelas kedewasaan adalah ukuran dari tingkat pemikiran seseorang saat menghadapi permasalahan. Tentunya ini tidak kalah penting dalam menghadapi permasalahan beda pendapat.  

Nahh temen-temen itu beberapa tips saat kelompok kalian sedang berada dalam situasi yang sama, beda pendapat itu normal koq setiap kelompok pasti akan mengalami hal tersebut. Ohh yaa selain itu juga keakraban dan kekompakan dalam kelompok perlu juga dipupuk karena dengan begitu semua anggota akan merasa nyaman sehingga hasilnyapun lebih maksimal, niihh ada beberapa sikap dan kegiatan yang perlu kita miliki untuk menjaga kekompakan kelompok kita :

1. Kesadaran dan Pengertian
Nahhh ini niih temen-temen yang sangat mendasar sekali kesadaran, yaa kesadaran dari semua anggota kelompok sangat mempengaruhi kemajuan kelompok tersebut karena jika tidak tumbuhnya kesadaran berbagai masalahpun sudah menanti seperti :pertengkaran, kecemburuan, tidak kompak, hasil tidak optimal,dll. Terus pengertian , kesadaran tentunya diiringi dengan sikap pengertian dimana masing-masing anggota tahu diri akan tugas dan apa saja sihh yang sudah dia sumbangkan untuk kelompoknya. Dengan begitu tidak ada anggota yang merasa terdzolimi  hhee :D

2. Jangan Egois
Sikap egois dapat menghancurkan sebuah kerjasama tim yang solid, jika Anda mempunyai anggota tim yang egois jangan dipertahankan walaupun orang tersebut mempunyai kemampuan yang luar biasa, jangan sampai hanya karena satu orang maka kerjasama tim yang sudah Anda bangun dengan susah payah menjadi berantakan.

3. Jangan Mementingkan kepentingan individu
Jangan pernah mementingkan kepentingan individual ketika Anda sedang bekerja sama, karena sebuah kerjasama tidak akan berhasil jika setiap anggotanya mementingkan kepentingan masing – masing. Semua urusan pribadi harus dikesampingkan dan utamakan kepentingan bersama.

 4.  Pemimpin yang bijaksana
Pemimpin yang bijaksana akan membuat anggota tim menjadi betah dan jika anggota tim sudah betah maka produktifitas kerja mereka akan meningkat dan hal itu merupakan hal yang menguntungkan bagi kelompok. Seorang pemimpin harus bijaksana dan mau menerima ide – ide yang diberikan oleh anggota tim kemudian mengambil keputusan yang terbaik untuk tujuan bersama. Selain itu pemimpin juga harus bisa mengarahkan anggota dan memberikan tugas dengan proporsi yang tepat.

5. Terbuka
Sebuah tim yang solid harus saling terbuka satu sama lain sehingga antar sesama anggota     bisa saling mengkritik (kritik membangun tentunya) dan mengevaluasi hasil kerja tim.Bersikap   terbuka antar sesama anggota tim juga dapat meningkatkan kreatifitas dan produktifitas kerja asalkan semuanya terarah dan terkontrol dengan baik.


 6. Mengadakan acara
Walaupun agak sepele tapi ini cukup manjur loo ,sesekali adakan acara berkumpul bersama untuk meningkatkan kekompakan tim, sehingga hubungan antar sesama anggota menjadi semakin kuat. Setiap acara yang dibuat harus melibatkan setiap anggota tim, tujuannya adalah menjalin hubungan interpersonal dan memperkuat kerjasama tim.

Sumber : Forum Detik


Comments

Popular posts from this blog

Etika Teamwork dan Amal Jama'i dalam Islam

Great Teamwork Story for Greater Team Unity

Dengan kerjasama Tim Nabi Muhammad Berhasil Mengemban Tugas Kerasulannya