Alquran Dorong Kerja Sama

Pontianak, NU Online 

Wakil Presiden Boediono menilai Al-Qur'an mengajak manusia untuk bekerja  sama dalam kebaikan dan ketakwaan, bukan dalam kejahatan dan permusuhan.

"Bagi kaum muslim, Al-Qur'an adalah sumber petunjuk dan pedoman hidup yang tidak pernah kering," kata Wakil Presiden Boediono saat membuka Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) Nasional Ke-7 Antar Pondok Pesantren, MTQ Internasional Ke-1 Antar Lembaga Al-Qur'an, Musyawarah Nasional (Munas) Ke-4 Jamiyyatul Qurra Wal Huffazh, di Pontianak, Kalimantan Barat, Selasa.

Hadir dalam acara itu antara lain Menteri Perumahan Rakyat Djan Faried, Gubernur Kalbar Cornelis MH, serta Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Said Aqil Siroj.

Dikatakan Wapres, meski Al-Qur'an diturunkan oleh Allah SWT dalam bahasa Arab untuk dapat dipahami oleh manusia, namun menurut para Ulama, pemahaman manusia terhadap Al-Qur'an masih bertingkat-tingkat.

"Ada yang sebatas pemahaman harfiah, namun ada juga pemahaman yang lebih tinggi, dan itu memerlukan ketekunan dan kesungguhan agar benar-benar paham akan arti dan tafsir sesungguhnya," kata Wapres.

Bagi kaum muslim, kata Wapres, Alquran merupakan kitab yang diimani bersama, sebagai petunjuk dan penuntun kehidupan untuk memperoleh kebahagiaan di dunia maupun di akhirat.

Alquran, tambah Wapres, tidak hanya berisi prinsip-prinsip keimanan, namun juga sumber nilai-nilai universal, ilmu pengetahuan, hingga hikayat kehidupan, yang dikemas dengan bahasa yang indah, penuh dengan filosofi keteladanan, serta pesan moral yang luhur dan agung.

Dikatakan, Alquran juga memberi tuntunan kepada umat agar membangun kehidupan yang harmonis, saling bertoleransi, hidup dalam kedamaian dan hidup untuk saling mengenal, saling mengasihi, saling memberi maaf, dan tidak membenci satu sama lain.

Boediono juga menilai, kegiatan Musabaqah Tilawatil Qur'an tidak semata-mata menjadi ajang untuk berlatih dan bertanding membaca Alquran saja, tetapi juga untuk makin memahami substansi dari ayat-ayat suci Al-Qur'an dengan benar dan tepat.

"Dengan makin memahami dan mendalami kandungan yang terdapat di dalam Al-Qur'an, insya Allah, kita mampu memperkuat jati diri dan karakter bangsa melalui nilai-nilai keagamaan, aturan hukum, serta kerukunan antar umat beragama, sejalan dengan nilai-nilai universal ajaran terkandung di dalam Al-Qur'an," kata Wapres.

Dikatakan Wapres, kegiatan memperbanyak penghafal atau Huffadz Al-Qur'an sebagai bagian dari Musabaqoh ini adalah upaya yang mulia.

Para Huffadz Al-Qur'an, kata Wapres, sesungguhnya telah ikut berperan dalam memelihara dan menjaga keaslian dan kelestarian Al-Qur'an sampai hari akhir.


Sumber : NU Online

Comments

Popular posts from this blog

Etika Teamwork dan Amal Jama'i dalam Islam

Great Teamwork Story for Greater Team Unity

Dengan kerjasama Tim Nabi Muhammad Berhasil Mengemban Tugas Kerasulannya