Tips Membangun Kerjasama Team
“TEAM WORK” apa
yang ada dibenak kalian saat mendengar kata ini, tentunya bermacam-macam
mungkin kerjasama,berkelompok,pekerjaan jadi ringan,hasil bisa optimum, beda
pendapat,keceriaan. Mungkin masih banyak lagi unek-unek dan pemikiran yan
terlintas dipikiran kita dengan hanya mendengar satu kata ini, amazing sekali
yaa teman-teman :D . Terlepas dari semua pemikiran itu ada yang perlu digaris
bawahi kalau “TEAM
WORK” atau dalam bahasa tercinta kita _Kerja tim _ , tujuan utamanya
tentunya membuat suatu pekerjaan lebih mudah dikerjakan serta mendapatkan
pengetahuan yang beragam mengenai permasalahan yang ada dari semua anggota
kelompok. Terlihat asyik yaa kalo ngebahas tentang kerja tim , tapi jangan
keasyikan dulu guys seperti yang kalian tahu 1 kelompok itu bisa terdiri dari 2
sampai berapa yaa mungkin bisa dalam jumlah yang besar. Tidak harus berpikir
tentang kelompok yang besar dulu, kita misalkan saja terdapat suatu kelompok
yang beranggotakan 5 orang dengan tugas masing-masing didalam kelompok
tersebut, tentunya 5 orang ini dengan 5 pemikiran dan ide-ide yang berbeda juga
tentunya perlu trik-trik khusus untuk bisa mengatasi hal ini, sekedar memberi
sedikit masukan trik-triknya antara lain:
1. Toleransi
Toleransi antar sesama anggota
harus dimiliki oleh setiap tim yang solid sebab tanpa toleransi, sekuat apapun
tim yang Anda bangun pasti tidak akan bertahan lama.
2. Saling menghormati
Seperti sikap toleransi, sikap
saling menghormati juga sangat dibutuhkan dalam membangun sebuah kerjasama tim
yang kokoh, tidak ada tim yang dapat bertahan jika sesama anggotanya tidak
saling menghormati. Saling menghormati juga dapat dilihat pada saat
mengeluarkan pendapat atau ide, yaitu pada saat ide atau pendapat salah satu
anggota tim di kritik (dapat dilihat dari cara penyampaian kritik). Jika Anda
menemukan bahwa tim Anda kurang memiliki sikap saling menghormati, coba
kumpulkan setiap anggota tim Anda dan diskusikan hal ini.
3. Kebijaksanaan
Pemimpin
Di dalam suatu kelompok peran
seorang pemimpin tentu begitu penting, dimana saat terjadi perbedaan ketua
kelompok (pemimpin) harus bisa menetralisir keadaan dan mencoba mengarahkan
anggotanya untuk bersama-sama mencari 1 titik terang dalam hal ini tentunya
penyelesaian atau solusi dari masalah tersebut.
4. Kedewasaan
Kalo bicara mengenai sikap
yang satu ini, yaa mungkin tidak terlalu mendalam yang jelas kedewasaan adalah
ukuran dari tingkat pemikiran seseorang saat menghadapi permasalahan. Tentunya
ini tidak kalah penting dalam menghadapi permasalahan beda pendapat.
Nahh
temen-temen itu beberapa tips saat kelompok kalian sedang berada dalam situasi
yang sama, beda pendapat itu normal koq setiap kelompok pasti akan mengalami
hal tersebut. Ohh yaa selain itu juga keakraban dan kekompakan dalam kelompok
perlu juga dipupuk karena dengan begitu semua anggota akan merasa nyaman
sehingga hasilnyapun lebih maksimal, niihh ada beberapa sikap dan kegiatan yang
perlu kita miliki untuk menjaga kekompakan kelompok kita :
1. Kesadaran dan
Pengertian
Nahhh ini niih temen-temen
yang sangat mendasar sekali kesadaran, yaa kesadaran dari
semua anggota kelompok sangat mempengaruhi kemajuan kelompok tersebut karena
jika tidak tumbuhnya kesadaran berbagai masalahpun sudah menanti seperti :pertengkaran,
kecemburuan, tidak kompak, hasil tidak optimal,dll. Terus pengertian ,
kesadaran tentunya diiringi dengan sikap pengertian dimana masing-masing
anggota tahu diri akan tugas dan apa saja sihh yang sudah dia sumbangkan untuk
kelompoknya. Dengan begitu tidak ada anggota yang merasa terdzolimi hhee
:D
2. Jangan Egois
Sikap egois dapat
menghancurkan sebuah kerjasama tim yang solid, jika Anda mempunyai anggota tim
yang egois jangan dipertahankan walaupun orang tersebut mempunyai kemampuan
yang luar biasa, jangan sampai hanya karena satu orang maka kerjasama tim yang
sudah Anda bangun dengan susah payah menjadi berantakan.
3. Jangan Mementingkan
kepentingan individu
Jangan pernah mementingkan
kepentingan individual ketika Anda sedang bekerja sama, karena sebuah kerjasama
tidak akan berhasil jika setiap anggotanya mementingkan kepentingan masing –
masing. Semua urusan pribadi harus dikesampingkan dan utamakan kepentingan
bersama.
4. Pemimpin yang
bijaksana
Pemimpin yang bijaksana akan
membuat anggota tim menjadi betah dan jika anggota tim sudah betah maka
produktifitas kerja mereka akan meningkat dan hal itu merupakan hal yang
menguntungkan bagi kelompok. Seorang pemimpin harus bijaksana dan mau menerima
ide – ide yang diberikan oleh anggota tim kemudian mengambil keputusan yang
terbaik untuk tujuan bersama. Selain itu pemimpin juga harus bisa mengarahkan
anggota dan memberikan tugas dengan proporsi yang tepat.
5. Terbuka
Sebuah tim yang solid harus saling
terbuka satu sama lain sehingga antar sesama anggota bisa saling
mengkritik (kritik membangun tentunya) dan mengevaluasi hasil kerja
tim.Bersikap terbuka antar sesama anggota tim juga dapat meningkatkan
kreatifitas dan produktifitas kerja asalkan semuanya terarah dan terkontrol
dengan baik.
6. Mengadakan acara
Walaupun agak sepele tapi ini
cukup manjur loo ,sesekali adakan acara berkumpul bersama untuk meningkatkan
kekompakan tim, sehingga hubungan antar sesama anggota menjadi semakin kuat.
Setiap acara yang dibuat harus melibatkan setiap anggota tim, tujuannya adalah
menjalin hubungan interpersonal dan memperkuat kerjasama tim.
Sumber : Forum Detik
Comments
Post a Comment